Tips Wisata Nyaman Bagi Backpacker Pemula

By | March 11, 2021
Spread the love

Liburan backpacker memang menjadi konsep liburan menyenangkan namun hemat biaya yang kini banyak dikerjakan oleh banyak orang di luar sana. Ciri khas liburan backpacker adalah membawa satu tas utama berupa ransel atau tas punggung besar yang memuat seluruh kebutuhan selama wisata.

Namun meski memiliki biaya yang lebih hemat, tak sedikit orang yang menolak jika ditawarkan untuk berlibur backpacker. Berikut beberapa tips untuk liburan backpacker yang bisa Anda lakukan.

Tips Liburan Aman dan Nyaman ala Backpacker

Untuk Anda yang penasaran untuk menjajal pengalaman liburan backpacker sebaiknya simak lebih dulu informasi berikut.

  1. Kumpulkan referensi tentang liburan ala backpacker lengkap

Menjalani liburan ala backpacker bukanlah hal yang mudah. Jika Anda tak terbiasa, bukan tidak mungkin liburan akan berlangsung tak menyenangkan sehingga Anda ingin cepat mengakhirinya.

Agar liburan backpacker yang Anda lalui berlangsung aman dan nyaman maka gali informasi sebanyak mungkin tentang liburan tersebut. Dan pastikan diri Anda siap untuk melakukan liburan backpacker secara fisik dan mental.

  1. Buat daftar itinerary atau tujuan wisata secara rinci

Usahakan untuk membuat rencana liburan atau itinerary liburan secara matang dan terperinci. Selain akan mempermudah liburan Anda juga lebih menghemat biaya serta tenaga selama liburan backpacker dilakukan.

  1. Tentukan berapa budget yang Anda sediakan

Sebaiknya tentukan terlebih dahulu berapa anggaran biaya yang akan dihabiskan untuk menjalani liburan backpacker. Hal itu bisa ditentukan setelah Anda membuat daftar itinerary liburan secara lebih rinci.

  1. Buat daftar barang prioritas saat liburan backpacker

Saat menjalani liburan backpacker Anda dituntut untuk bisa membawa barang kebutuhan seminimal mungkin agar perjalanan lebih ringkas. Karena Anda tak membawa kendaraan sendiri melainkan menggunakan kendaraan umum.

Jadi buat daftar barang kebutuhan yang sangat penting dan sekiranya akan dibutuhkan selama perjalanan liburan backpacker.

  1. Ikuti promo tiket pesawat atau kereta api juga tempat penginapan untuk hemat biaya perjalanan

Supaya Anda mendapatkan biaya yang lebih hemat bisa menggunakan promo tiket baik untuk pesawat atau kereta api yang akan digunakan selama melakukan perjalanan liburan.

Anda bisa mendapatkan informasinya di website resmi maskapai penerbangan, kereta api atau hotel yang dituju.

  1. Gunakan alat transportasi umum atau jalan kaki

Sebaiknya pilih untuk menggunakan alat transportasi umum atau berjalan kaki untuk mencapai satu tujuan wisata. Hal itu jauh lebih hemat daripada menggunakan taksi atau kendaraan online.

  1. Bawa botol minum agar selalu mendapatkan kecukupan air

Tujuannya adalah agar Anda bisa lebih hemat tanpa harus membeli minuman botolan setiap kali haus.

  1. Siapkan fisik dengan baik sebelum berangkat liburan

Karena liburan backpacker membutuhkan kesehatan dan kekuatan fisik yang memadai supaya lebih menyenangkan.

Kendala Umum Saat Liburan Backpacker

Meski tergolong jenis liburan yang hemat biaya, namun tak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Ada beberapa kendala yang umum terjadi ketika melakukan liburan backpacker. Di antaranya adalah; kesulitan mendapat izin untuk bepergian khususnya untuk backpacker wanita.

Selain itu backpacker wanita juga harus bersiap jika dalam rombongan ternyata Anda wanita seorang diri. Meski bukanlah hal yang baru dalam liburan backpacker, namun untuk pemula hal ini tentu menjadi hal baru yang sedikit tak nyaman.

Liburan backpacker juga akan sedikit terkendala jika dana masih minta orang tua. Sehingga Anda lebih terbatas untuk memilih tempat wisata tujuan. Dan liburan backpacker lebih rawan kejahatan di dalam perjalanan. Sekian ulasan tentang liburan backpacker untuk pemula.